Home » Cara Ternak Ikan Cupang dengan Mudah Bagi Pemula

Cara Ternak Ikan Cupang dengan Mudah Bagi Pemula

19 / 08 / 2022

Bagaimana cara ternak ikan cupang yang benar? Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang masih diminati sampai sekarang. Ikan ini terkenal akan kecantikan warna serta ekornya.

Memelihara ikan cupang juga mudah karena tidak memerlukan perawatan yang rumit. Banyak yang memeliharanya karena meyakini bahwa ikan tersebut bermanfaat untuk menghilangkan stres.

Bagaimana Cara Ternak Ikan Cupang?

Melihat potensi pasar ikan cupang yang cenderung tidak pernah sepi, ini menjadi kesempatanmu untuk menekuni bisnis budidaya ikan tersebut. Keuntungan yang kamu peroleh juga cukup menjanjikan. 

Lalu cara budidaya ikan cupang harus kamu mulai dari mana? Simak informasi berikut ini:

1. Perhatikan Tempat Tinggal Ikan

Beberapa orang beranggapan ikan cupang tidak memerlukan akuarium yang memadai serta alat filter. Tentu saja pernyataan tersebut tidaklah tepat. Akuarium berukuran kecil malah cenderung lebih mudah kotor dan membuat ikan menjadi kurang nyaman.

Ikan cupang akan mudah stres, sakit, bahkan bisa mati. Memang ikan cupang mampu bertahan di lingkungan yang buruk sekali pun. Namun bukan berarti kamu tidak memperhatikan tempat tinggalnya. 

Untuk itu, siapkan akuarium yang sekiranya nyaman untuk ikan tersebut, kurang lebih akuarium yang mampu menampung 18 liter. Jangan lupa menyiapkan filter dan kerikil-kerikil halus. Kerikil tersebut memiliki peran penting untuk ekosistem akuarium.

2. Membedakan Jenisnya

Cara ternak ikan cupang yang kedua yaitu kamu perlu membedakan jenis ikan tersebut. Ada dua jenis ikan cupang yaitu ikan hias dan aduan. Jadi, kamu perlu memilih mana jenis ikan cupang yang akan kamu ternak sekaligus membedakan tempat tinggalnya.

Untuk mengetahui mana jenis ikan cupang hias dan aduan, kamu bisa cari tahu ciri-cirinya berikut ini:

Ikan Cupang Hias

  • Gerakannya cenderung lebih tenang.
  • Tubuhnya berwarna terang serta mempunyai warna variatif.
  • Sirip serta ekornya menjuntai panjang.
  • Beberapa contohnya yaitu double tail dan halfmoon.

Ikan Cupang Aduan

  • Ujung ekornya cenderung kecil dari ikan cupang hias.
  • Bibirnya cenderung lebih tertutup rapat.
  • Gerakannya cepat serta agresif.
  • Sirip ikan akan mengembang ketika melihat ikan cupang yang lain.

Pastikan kamu tidak memelihara dua jenis ikan cupang tersebut di dalam satu wadah yang sama.

3. Cara Ternak Ikan Cupang dengan Memilih Indukan Berkualitas

Setelah menentukan jenis mana yang ingin kamu ternak, selanjutnya kamu perlu memilih indukannya. Sudah pasti indukan yang harus kamu pilih yaitu indukan yang berkualitas.

Indukan yang sehat akan menghasilkan bibit yang sehat sehingga peminatnya pun jadi tinggi. Untuk memilih indukan yang tepat, salah satunya dengan mengecek bagian siripnya lalu pastikan siripnya tidak cacat. 

Setelah mendapatkan indukan, maka bisa mulai masuk ke tahap perkawinan. Adapun, ciri-ciri indukan cupang yang siap kawin yaitu:

Ikan Cupang Jantan

  • Gerakannya lebih lincah.
  • Bentuk badannya lebih panjang.
  • Berusia 4 sampai 8 bulan.
  • Warna sirip yang terang serta panjang.

Ikan Cupang Betina

  • Berusia minimal 3 sampai 4 bulan.
  • Badannya berbentuk bulat serta perut yang sedikit buncit.
  • Sirip lebih pendek serta gerakannya yang tidak seagresif seperti cupang jantan.

4. Proses Pengembangbiakan

Cara budidaya ikan cupang berikutnya yaitu mulai proses pengembangbiakan. Setidaknya ada tiga tahap yang harus kamu perhatikan, antara lain:

a. Menyiapkan Wadah untuk Pengembangbiakan

Siapkan tiga wadah. Untuk wadah yang pertama adalah untuk cupang jantan. Kemudian wadah kedua untuk ikan betina serta wadah yang terakhir sebagai tempat pengembangbiakan ikan.

Tujuan menyiapkan tiga wadah tersebut karena ikan cupang jantan dan betina harus kamu dekatkan terlebih dahulu untuk mengetahui reaksinya. Pada wadah yang ketiga kamu dapat menambahkan batu-batuan serta tumbuhan air.

b. Masukkan Ikan

Setelah itu masukkan jantan terlebih dahulu. Cupang jantan biasanya mengeluarkan gelembung yang akan melindungi telurnya. Setelah itu, baru kamu bisa memasukkan cupang betina. Proses pengembangbiakan dimulai dan waktu terbaiknya yaitu pagi atau sore hari.

c. Pisahkan Telur

Ketika proses kawin sudah selesai, akan ada telur-telur tergeletak di dasar wadah. Segera angkat cupang betina karena ikan tersebut terkadang akan memakan telurnya. Gelembung-gelembung yang dibuat cupang jantan yang akan melindungi telur-telur tersebut.

Dalam waktu sehari, telur berubah menjadi burayak. Kemudian kamu dapat memberikan kutu air sebagai pakannya.

Sudah Paham Cara Ternak Ikan Cupang?

Seperti itulah informasi tentang ternak ikan cupang untuk pemula. Jika kamu memerlukan produk untuk perawatan ikan cupang, kamu dapat membelinya di Koukkai. Produk dari toko Koukkai akan membantu memaksimalkan proses budidaya ikan cupang sehingga menghasilkan bibit berkualitas.

Artikel Terbaru

Kategori