Home » 5 Penyebab Penyakit Ikan Hias yang Harus Diwaspadai

5 Penyebab Penyakit Ikan Hias yang Harus Diwaspadai

20 / 06 / 2022

Apa saja penyakit ikan hias yang mesti kamu waspadai? Banyak orang yang hobi memelihara ikan. Ada yang sekadar memelihara untuk kesenangan pribadi namun ada juga yang memeliharanya untuk keperluan komersial. 

Namun jangan salah, memelihara ikan hias bukan hanya sekedar memberinya makan dan membersihkan kolam atau akuarium. Kamu perlu mewaspadai bahwa ada beberapa penyakit yang bisa menjangkit ikan peliharaanmu tersebut. 

Maka dari itu, kamu harus memperhatikan berapa banyak jumlah ikan dalam akuarium, makanannya, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kesehatan dan kenyamanan ikan tersebut.

Inilah Beberapa Penyakit Ikan Hias

Bagi pemilik ikan, terkadang masih kesulitan untuk mengetahui bahwa ikannya mengalami masalah kesehatan. Biasanya ikan yang mengalami masalah kesehatan bisa kamu lihat dari kondisi fisiknya seperti munculnya benjolan, bintik putih, dan lain-lain.

Lalu apa penyakit ikan hias yang biasanya terjadi? Pada artikel ini kami akan memberikan informasi tentang beberapa penyakit tersebut berdasarkan penyebabnya.

1. Parasit

Beberapa jenis parasit yang biasanya menyerang ikan yaitu Learnea spp, Chilodonella, ichthyophthirius multifiliis, Argulus spp, dan Trichodina. Parasit-parasit tersebut menyebabkan masalah kesehatan pada ikan hias yang kamu pelihara.

Secara umum, setiap ikan mempunyai parasit namun kadarnya masih rendah sehingga tidak membahayakan tubuhnya. Akan tetapi, ketika ikan mengalami stres karena kondisi air akuarium yang kotor atau setelah pergantian akuarium, bisa memicu sistem imun ikan menurun. 

Inilah yang menjadi kesempatan bagi parasit untuk berkembang. Akibatnya, kesehatan ikan akan menurun dan berpotensi mengancam keselamatannya.

2. Bakteri

Ikan hias juga rentan terkena bakteri. Kondisi ini terjadi karena kebersihan akuarium yang tidak kamu jaga secara baik. 

Bisa juga karena terlalu banyak ikan di dalam satu akuarium yang berdampak pada pemberian pakan secara tidak tepat. Jumlah pakan yang kamu berikan kadarnya lebih sedikit dari jumlah kebutuhan ikan dalam akuarium. 

Secara umum, bakteri yang menyebabkan masalah pada ikan yaitu Pseudomonas, Aeromonas, Edwardsiella, Flavobacterium spp. dan Vibrio. Untuk mengetahui ikan yang terinfeksi bakteri biasanya nafsu makannya menurun.

Beberapa kondisi lainnya adalah kerusakan pada sirip ikan. Bahkan untuk kasus yang lebih parah menyebabkan ikan mati mendadak.

3. Gas Bubble Disease

Penyakit ikan hias berikutnya adalah penyakit gelembung gas alias gas bubble disease. Ini merupakan kondisi di mana ada gelembung dalam kulit atau mata ikan. Selain itu, gelembung tersebut juga bisa berada di organ lainnya.

Penyebab munculnya gelembung tersebut adalah karena gas yang berasal dari aliran darah. Kondisi ini terjadi karena peningkatan tekanan maupun supersaturasi gas oksigen, nitrogen, maupun karbondioksida dalam air. Inilah yang menjadi pemicu adanya gelembung gas (emboli) di insang serta kelenjar koroid mata.

Penyebab lain munculnya gas bubble disease adalah kondisi pipa udara tidak mumpuni maupun terjadi perubahan suhu secara cepat ketika pergantian air. Maka dari itu, ketika kamu ingin menambahkan air ke akuarium, lakukanlah secara perlahan-lahan. Pastikan juga bahwa suhunya sama.

4. Penyakit Ikan Hias yang Berbahaya, Popeye Disease

Beberapa ikan memang mempunyai mata yang menonjol dan itu normal. Akan tetapi, ada juga mata yang bengkak, menonjol, serta cenderung terlihat keruh. Inilah yang akan menjadi indikasi ikan mengalami penyakit yang harus kamu waspadai.

Salah satu penyakit tersebut adalah exophthalmia atau popeye disease. Kondisi ini terjadi di salah satu atau kedua mata ikan hias. Penyakit popeye ini terjadi karena perkelahian antar ikan atau adanya gesekan dengan benda di dalam akuarium. Selain itu, penyakit ini juga bisa terjadi karena parasit, infeksi bakteri, maupun jamur.

5. Kanker

Seperti hewan lainnya, ikan juga mempunyai risiko terkena kanker. Masalah ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh ikan menurun sehingga tidak bisa melawan penyakit. Sel kanker dapat tumbuh baik di dalam maupun luar tubuh ikan.

Bagaimana Cara Menangani Penyakit Ikan Hias?

Itu tadi beberapa jenis dan penyebab sakit pada ikan hias yang membahayakan kesehatan dan keselamatan ikan. Sebagai pemilik ikan, sudah seharusnya selalu merawat hewan peliharaannya agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Mengenai masalah tersebut, untungnya ada produk perawatan ikan terbaik dari Koukkai.com. Di sini kamu bisa mendapatkan vitamin, obat ikan, pakan ikan, dan lain-lain. Semua produk tersebut terbukti berkualitas untuk pertumbuhan ikan. Selamat mencoba!