Home » 5 Cara Budidaya Ikan Mas untuk Hasil yang Menguntungkan

5 Cara Budidaya Ikan Mas untuk Hasil yang Menguntungkan

20 / 06 / 2022

Ikan mas merupakan salah satu komoditas perikanan yang menawarkan peluang bisnis menjanjikan. Hasil dari budidaya ikan mas hingga saat ini masih menarik peminat. Pasalnya, banyak masyarakat Indonesia yang suka hidangan olahan dari ikan air tawar satu ini. Kamu bisa jadikan kegiatan ini sebagai peluang bisnis dalam waktu dekat. 

Keuntungan Budidaya Ikan Mas 

Menjalankan bisnis memang tidak mudah. Namun peluang menguntungkan akan selalu ada jika kamu benar-benar menggelutinya. Hal tersebut juga bisa kamu dapatkan dengan menjadikan budidaya ikan mas sebagai peluang usaha saat ini. 

Keuntungan utama tentu datangnya dari kebutuhan pasokan pangan yang cukup tinggi. Hal ini didasari oleh hidangan ikan mas yang cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, tempat makan yang menyajikan ikan mas, baik itu restoran maupun pedagang kaki lima masih cukup jadi tujuan favorit banyak orang. 

Cara Budidaya Ikan Mas 

Dalam melakukan ternak ikan mas, kamu tidak bisa hanya sekadar mempersiapkan banyak kolam saja. Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan. Mengikuti langkah ini dengan baik bisa meningkatkan keuntungan dari hasil ternak yang kamu lakukan. 

1. Sediakan Kolam Indukan 

Dalam proses pemeliharaan ikan mas, kamu perlu mempersiapkan berbagai macam jenis kolam atau media ternak yang tepat dan sesuai. Salah satunya adalah kolam indukan. Agar hasil ternak menghasilkan kualitas terbaik, kamu perlu memisahkan indukan ikan dengan cara berpasangan.

Pada sebuah kolam dengan kedalaman 60 hingga 90 sentimeter, kamu hanya boleh mengisinya dengan sepasang ikan mas jantan dan betina. Hal ini penting agar ikan mas tidak kawin sembarangan dan menjaga benih atau bibit berada dalam kualitas unggulan. 

2. Proses Pemijahan yang Baik 

Pemijahan atau pengembangbiakan pada budidaya ikan mas ini dilakukan untuk memastikan indukan ikan mas siap kawin. Ciri-ciri ikan yang siap berkembang biak bisa kamu ketahui dari sisi betina maupun jantannya. 

Pada ikan mas betina, biasanya memiliki sifat yang mulai lambat bergerak dan suka melompat di malam hari. Bagian perutnya juga terlihat lebih buncit. Sedangkan untuk ikan mas jantan akan terlihat lebih aktif dan jika dipijat bagian kelaminya mulai mengeluarkan cairan sperma. 

Ketika ikan betina dan jantan milik kamu sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut, segera pindahkan ke kolam khusus untuk pemijahan.

3. Pastikan Benih Tumbuh Optimal 

Setelah proses pemijahan selesai, kamu perlu mengawasi kolam kembang biak secara rutin. Ketika sudah mulai tumbuh bibit ikan mas berukuran 10 hingga 12 sentimeter, segera pindahkan bibit ke kolam berbeda dengan spesifikasi air mengalir. Proses ini biasanya memakan waktu 2 hingga 3 bulan agar bibit bisa tumbuh dengan optimal. 

4. Jaga Kesehatan Ikan 

Kesehatan hewan saat melakukan budidaya ikan mas perlu diperhatikan secara maksimal. Tentu kamu tidak ingin gagal panen karena ada ikan yang sakit atau mati. Jangan lupa untuk sering membersihkan kolam ikan budidaya dari kotoran dan hama. Pasalnya di dalam kolam, penyakit akan mudah menyebar dan merusak panen. 

5. Kenali Waktu Panen 

Sebagai pembudidaya, kamu pun perlu mengenali waktu panen yang tepat. Mengetahui waktu panen memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan yang besar karena hasil ternak sesuai dengan keinginan pasar. 

Umumnya, ketika ikan mas mulai tumbuh, kamu memerlukan waktu selama 2 hingga 3 bulan untuk memastikan waktu panen. Selain itu, ciri ikan mas siap panen adalah sudah memiliki bobot berkisar 300 hingga 400 gram. 

Mau Memelihara Ikan Mas?

Agar bisa memastikan ikan mas selalu sehat dan juga punya bobot optimal, tentu kamu perlu memilih pakan yang baik. Di luar kebutuhan tersebut, ikan mas juga bisa kamu jadikan sebagai ikan hias di rumah.

Agar ikan mas hias di rumah selalu dalam keadaan sehat, kamu memerlukan produk yang tepat dan juga mudah digunakan. Maka dari itu, Koukkai hadir sebagai solusi perawatan ikan hias. 

Koukkai menawarkan beragam produk perawatan ikan hias, mulai dari pakan, vitamin, obat, serta kebutuhan kolam. Koukkai merupakan spesialis ikan tropik yang berfokus untuk menyediakan kebutuhan ikan sejak tahun 2020 dengan menggunakan teknologi mutakhir. Yuk, temukan kebutuhan perawatan budidaya ikan mas hias di sini