Home » Penyebab dan Gejala Infeksi Jamur Pada Ikan Cupang

Penyebab dan Gejala Infeksi Jamur Pada Ikan Cupang

28 / 07 / 2021

Belakangan ini ikan cupang menjadi salah satu jenis ikan yang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tak sedikit orang dari berbagai kelas pun yang berburu ikan cupang untuk dijadikan sebagai ikan hias peliharaan. Bentuk sirip cupang dewasa yang merumbai menarik menjadi salah satu alasan mengapa ikan hias air tawar satu ini banyak disukai. Selain sirip ikan cupang, daya tarik lain dari ikan dengan nama latin betta fish ini adalah terletak dari warna ikan cupang yang berwarna-warni.

penyebab jamur pada ikan cupang koukkai

Ikan cupang sendiri dikenal sebagai ikan petarung yang bisa mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air.. Tapi meski dapat hidup di segala kondisi air, namun ikan cupang juga rentan terkena infeksi jamur pada ikan cupang. White spot hingga fin rot atau pembusukan pada sirip cupang merupakan dua dari beberapa jenis penyakit jamur pada ikan cupang yang umumnya terjadi. Lantas apa sebenarnya yang menjadi penyebab infeksi jamur pada ikan cupang, dan bagaimana cara penanganan yang tepat? Simak artikel berikut ini untuk tahu jawaban selengkapnya.

Penyebab Infeksi Jamur Pada Ikan Cupang

Sebenarnya ada begitu banyak macam penyakit jamur pada ikan cupang. Hal ini sendiri digolongkan berdasar jenis infeksi jamur pada ikan cupang itu sendiri. Namun pada umumnya penyebab utama yang menyebabkan munculnya jamur pada tubuh cupang adalah akibat dari kualitas dan kebersihan air yang buruk. 

penyebab jamur pada cupang koukkai

Sisa makanan dan kotoran ikan yang mengendap pada dasar akuarium merupakan salah satu faktor yang membuat air menjadi mudah kotor. Jadi jika tidak rutin dibersihkan maka bakteri, parasite, dan jamur akan mudah berkembang biak di dalam air aquarium. Selain itu, pH air dan suhu yang tidak seimbang, serta tingginya kadar amonia, nitrit, dan nitrat pada air juga merupakan penyebab tidak terkontrolnya perkembangan jamur di dalam air sehingga dapat menyebabkan jamur pada tubuh hingga sirip ikan cupang.

Gejala Infeksi Jamur Pada Sirip Ikan Cupang

Infeksi jamur pada ikan cupang sendiri memang sedikit sulit untuk dilihat karena ukuran jamur yang relatif kecil. Jadi untuk mengetahui apakah sirip cupang atau sisik ikan terkena jamur, Anda perlu mengetahui beberapa gejala infeksi jamur pada ikan cupang seperti beberapa gejala berikut ini.

  • Munculnya Bercak Putih Pada Sisik, atau Sirip Ikan Cupang

Salah satu gejala jika ikan cupang Anda terinfeksi jamur adalah munculnya bercak putih alias white spot pada bagian sisik maupun sirip cupang.

  • Nafsu Makan Ikan yang Menurun

Gejala lain yang dapat terlihat ketika ikan cupang mengalami infeksi jamur adalah lewat nafsu makan pada ikan itu sendiri. Jika nafsu makan menurun, maka besar kemungkinan ikan cupang kesayangan Anda terkena penyakit jamur. Biasanya karena nafsu makan menurun, ikan pun menjadi lemas dan enggan bergerak.

penyebab jamur pada cupang koukkai

  • Warna Sirip Cupang Memudar

Gejala infeksi jamur pada ikan cupang lainnya yang dapat terlihat jelas adalah mulai memudarnya warna pada tubuh bahkan sirip ikan cupang. Biasanya warna sirip cupang yang memudar dan berubah menjadi warna putih merupakan ciri-ciri penyakit jamur pada ikan cupang yang sudah mulai parah jadi perlu segera diobati.

  • Sirip Ikan Cupang yang Membusuk

Gejala infeksi jamur pada ikan cupang yang sangat perlu diwaspadai adalah bila terjadi pembusukan pada bagian sirip cupang. Biasanya sirip ikan cupang dapat membusuk karena jamur pada ikan cupang akan merambat ke bagian tubuh yang mengalami luka. Jadi luka yang tidak segera diobati tersebut lama kelamaan akan semakin diperparah oleh infeksi jamur sehingga membuat sirip ikan cupang menjadi busuk.

Pada kasus paling ekstrim, pembusukan pada sirip cupang juga dapat merambat hingga bagian insang. Jika organ pernapasan ikan tersebut membusuk maka alhasil ikan cupang akan menjadi susah bernapas hingga dapat menyebabkannya mudah mati.

Cara Penanganan Penyakit Jamur Pada Ikan Cupang yang Tepat

Jika Anda melihat beberapa gejala penyakit jamur pada ikan cupang atau sirip cupang, maka maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar nyawa ikan cupang terselamatkan dan tidak menulari ikan lainnya.

  • Segera Bersihkan Aquarium

Seperti yang telah disebutkan, bahwa faktor utama terjadinya infeksi jamur pada ikan cupang adalah akibat dari kualitas air yang buruk. Oleh karena itu sangat penting untuk segera menguras dan membersihkan aquarium dengan untuk membasmi jamur yang berkembang biak di dalam aquarium. Setelah itu ganti air dengan air bersih yang sudah diberi Antioxidant BlackWater & Vita-Liquid, yang mengandung antioksidan dan membantu mengimitasi kondisi habitat alami ikan sehingga ikan pun menjadi tidak mudah stres.

  • Karantina Ikan yang Terkena Infeksi Jamur

Langkah selanjutnya agar infeksi pada sirip ikan cupang tidak menular adalah dengan memisahkan ikan yang sakit dengan ikan yang sehat. Lakukan karantina, dengan meletakkan ikan cupang yang terkena penyakit jamur pada wadah lain agar infeksi jamur pada ikan tidak menyebar ke ikan yang lain.

  • Beri Obat Antibiotik, atau Obat Anti Jamur

Setelah meletakkan ikan yang terinfeksi jamur ke wadah lain, maka segera obati jamur pada sirip cupang dengan obat khusus untuk ikan. Anda bisa memberikan Obat Antibiotik Ikan Hias untuk mengobati luka pada sirip ikan cupang untuk mencegah infeksi tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Selain itu, Anda juga dapat memberikan Obat Ikan / Dropsy / Siknas / Sisik Nanas / Anti Kembung agar penyakit jamur pada ikan cupang bisa teratasi dengan lebih efektif.

Obat Ikan Dropsy untuk Sisik Nanas dan Anti Kembung

Artikel Terbaru

Kategori