Home » Meraup Untung dari Bisnis Ikan Cupang dengan Modal Minimal

Meraup Untung dari Bisnis Ikan Cupang dengan Modal Minimal

28 / 07 / 2021

Di awal pandemi, para pelaku bisnis ikan cupang menuai untung yang sangat besar. Angka penjualan melonjak dan bisnis cupang pun semakin diminati. Para pelakunya pun memiliki latar belakang yang sangat bervariasi. Mulai dari anak-anak hingga ibu rumah tangga, semua memiliki kesempatan yang sama untuk sukses menjalankan usaha ikan cupang. 

Fakta tersebut memang tidak terbantahkan. Mudahnya budidaya ikan cupang menjadi salah satu alasan kenapa bisnis ikan cupang begitu diminati oleh banyak orang. Mungkin ada beberapa dari Anda yang juga tertarik untuk menggeluti bisnis cupang. Namun sebelum terjun ke usaha cupang, bagaimana sih potensi dan cara memulai bisnis ikan cupang?

Peluang Bisnis Ikan Cupang

Banyaknya peminat bisnis ikan cupang tidak terlepas dari potensi yang dimilikinya. Meski keuntungan usaha cupang bisa naik turun berdasarkan tren, secara jangka panjang bisnis ini terbilang menguntungkan.

Potensi bisnis ikan cupang juga dapat dilihat dari harganya yang sangat bervariasi. Meski secara umum ikan cupang dibanderol di kisaran harga Rp 20.000, tidak sedikit juga ikan cupang yang dibanderol lebih dari itu. Bahkan untuk bisnis ikan cupang premium, harga per ekornya bisa mencapai angka jutaan rupiah.

Kisah sukses orang-orang yang menekuni usaha cupang juga tidak sedikit. Bahkan tidak sedikit pelaku usaha cupang yang mampu mencetak untung hingga Rp 30 juta setiap bulannya.

Besar kecilnya potensi usaha cupang memang dipengaruhi oleh beberapa hal. Misalnya saja seperti kualitas dan jenis ikan cupang yang dijual. Selain itu, strategi usaha ikan cupang juga turut mempengaruhi besarnya keuntungan yang bisa didapat.

Tips Memulai Bisnis Ikan Cupang

Bisnis ikan cupang memang menguntungkan. Tapi perlu dipahami, tidak ada bisnis yang pasti untung. Jika Anda ingin sukses bisnis cupang, Anda harus memahami seluk beluk soal ikan cupang dan bisnisnya terlebih dahulu. Untuk membantu memuluskan usaha ikan cupang, berikut tips untuk memulainya.

1. Pahami ilmu tentang ikan cupang dan cara perawatannya

Apapun bisnisnya, jangan perlu terjun sebelum Anda memiliki pemahaman yang cukup. Saat akan memulai bisnis cupang juga demikian. Jangan hanya karena tergiur dengan potensi keuntungan usaha cupang, Anda langsung terjun hanya dengan bermodal nekat.

Budidaya ikan cupang memang tergolong mudah. Akan tetapi, hal tersebut hanya berlaku jika Anda tahu bagaimana caranya. Jika belum tahu bagaimana cara budidaya yang baik, bibit ikan cupang justru banyak yang akan mati.

Apa saja jenis ikan cupang yang sering diperjualbelikan? Bagaimana cara perawatannya? Hal-hal seperti ini harus dipahami sebelum terjun ke usaha cupang. Tidak hanya itu, bekali juga diri Anda dengan ilmu budidaya ikan cupang agar bisa untung lebih besar.

2. Siapkan tempat dan peralatan

Beda dengan bisnis ikan hias, Anda bisa saja kulakan ikan hias untuk kemudian dijual di kios. Tapi untuk usaha ikan cupang, model bisnis seperti ini umumnya lebih sering gagal. Itulah kenapa model bisnis ikan cupang umumnya berbentuk budidaya.

Untuk membudidayakan ikan cupang, Anda harus menyiapkan tempat. Tempat untuk bisnis cupang sebenarnya tidak harus besar. Minimal, sediakan satu ruangan yang cukup besar untuk budidaya.

Setelah itu, persiapkan juga peralatannya. Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk usaha ikan cupang diantaranya adalah akuarium, filter air, jaring ikan dan kotak-kotak kecil untuk menyortir benih ikan cupang. 

Agar ikan tidak cepat mati dan usaha cupang berjalan dengan lancar, pastikan pH airnya berada di kisaran 6,5-7,2. Untuk mengakali hal tersebut, Anda bisa mencampurkan air akuarium dengan daun ketapang yang sudah direndam garam dan dikeringkan.

3. Pasarkan bisnis ikan cupang secara offline dan online

Bisnis cupang tidak akan berjalan jika tidak ada penjualan. Untuk mencetak penjualan, Anda harus memasarkan usaha ikan cupang dengan membuat banyak orang tertarik. Itulah kenapa usaha cupang perlu dipasarkan, baik secara offline maupun online.

Untuk pemasaran offline, Anda bisa membuka toko sendiri. Toko bisnis ikan cupang tidak harus selalu berada di tepi jalan besar. Anda bisa membukanya di rumah. Meski lokasi menentukan, Anda bisa menutup kelemahan tersebut dengan pemasaran online.

Pemasaran online bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial atau marketplace. Namun tentu saja, agar sukses memasarkan bisnis cupang, Anda perlu membekali diri dengan ilmu pemasaran.

4. Bangun relasi dengan komunitas

Salah satu kunci sukses dalam bisnis adalah relasi. Dalam bisnis ikan cupang juga demikian. Jika Anda memiliki relasi yang tepat dan luas, usaha ikan cupang akan lebih mudah berkembang.

Bangun relasi dengan orang-orang yang bergerak dalam industri bisnis cupang. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas ikan cupang. Dari relasi inilah pesanan berdatangan nantinya.

5. Mulai dari satu jenis ikan cupang kemudian perbanyak variasi

Saat baru memulai usaha ikan cupang, sangat dianjurkan untuk memulai dari satu jenis saja, terlebih jika modalnya masih kecil. Namun jika ingin mendapatkan untung lebih besar, Anda harus menambah variasi.

Menambah variasi ikan cupang juga harus dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan. Misalnya saja seperti jenis ikan cupang apa saja yang paling banyak diminati pasar? Selain itu, tingkat kesulitan dalam budidaya juga perlu dipertimbangkan. 

Jenis Ikan Cupang yang Biasa Diperjualbelikan

Secara umum, ikan cupang dapat dibagi menjadi 3 golongan, yakni ikan cupang liar, ikan cupang aduan dan ikan cupang hias. Akan tetapi, tidak semuanya menguntungkan jika dijadikan usaha ikan cupang. Dari ketiga golongan tersebut, ikan cupang hiaslah yang paling sering diperjualbelikan. Ikan cupang hias juga relatif mudah dipelihara.

Ikan cupang hias sendiri ada banyak jenisnya. Namun bagi Anda yang ingin memulai bisnis ikan cupang, sebaiknya pilih jenis ikan cupang yang permintaannya paling tinggi. Beberapa jenis ikan cupang yang banyak diburu masyarakat diantaranya adalah cupang halfmoon, plakat, cupang sawah, double tail, giant, dumbo, crown tail, cupang paradise, cupang surga dan cupang emas.

Perkiraan Modal dan Keuntungan

Modal bisnis cupang sebenarnya tidak begitu besar, terlebih jika tempat atau lahannya sudah ada. Anda tinggal mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan, bibit dan pakan. Untuk lebih jelasnya, berikut rincian modal usaha cupang.

Modal Awal

Beli indukan = Rp 600.000

Biaya solitaire = Rp 400.000

Lain-lain = Rp 100.000

Total = Rp 1.100.000

Biaya Operasional Bulanan

Bibit ikan = Rp 300.000

Pakan = Rp 200.000

Vitamin, dll = Rp 300.000

Listrik dan air = Rp 100.000

Lain-lain = Rp 100.000

Total = Rp 1.000.000

Dengan modal awal Rp 1.100.00 dan pengeluaran bulanan Rp 1.000.000, usaha ikan cupang bisa memberi potensi penghasilan yang cukup besar. Untuk jenis ikan cupang halfmoon misalnya, Anda bisa menjualnya dengan harga Rp 20.000. Jika dalam satu hari bisa menjual 10 ekor, omzetnya sudah Rp 200.000. 

Ini baru satu hari. Jika dalam satu bulan rata-rata bisa menjual 10 ekor ikan cupang, omzet usaha cupang bisa mencapai Rp 6.000.000. Penghasilan sebesar ini memang terlihat cukup menggiurkan. Namun agar bisnis cupang bisa bertahan lama, Anda juga harus memiliki strategi bisnis yang bagus.

 

Referensi tambahan:

  • https://www.taupasar.com/2021/02/rincian-biaya-budidaya-ikan-cupang.html
  • https://hot.liputan6.com/read/4395797/12-jenis-ikan-cupang-yang-banyak-diminati-beserta-cara-merawatnya
  • https://mebiso.com/bisnis-ikan-cupang/

Artikel Terbaru

Kategori