Home » Ketahui Jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara bagi Pemula

Ketahui Jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara bagi Pemula

28 / 07 / 2021

Memelihara ikan hias disebut-sebut dapat meningkatkan mood serta membantu meredakan stres seseorang. Maka tak heran jika berbagai jenis ikan hias menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai oleh berbagai lapisan masyarakat. Walau banyak disukai, namun sayangnya tidak sedikit orang yang masih bingung dengan cara yang tepat untuk memelihara ikan hias.

Jadi, bila Anda adalah orang yang baru atau ingin memelihara ikan, berikut ulasan selengkapnya mengenai berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk memelihara ikan hias, serta jenis ikan hias yang banyak dipelihara karena perawatannya yang mudah.

ikan hias aquarium koukkai

Jenis Ikan Hias yang Mudah Perawatannya

Sebenarnya ada banyak ragam ikan hias aquarium yang dapat dijadikan hewan peliharaan. Mulai dari ikan hias omnivora, hingga ikan hias predator atau karnivora. Namun jenis ikan hias predator seperti ikan arwana contohnya, memiliki tingkat perawatan yang lebih rumit jika dibandingkan dengan ikan hias aquarium jenis omnivora. Oleh karena itu bagi Anda yang baru pemula lebih disarankan untuk memelihara ikan hias omnivora, seperti beberapa jenis ikan hias berikut ini.

  • Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan jenis ikan hias yang banyak dijumpai di perairan air tawar di kawasan Asia Tenggara. Ikan hias aquarium ini sendiri sejak 1 tahun belakangan sangat populer di kalangan para pecinta ikan. Karena selain memiliki beragam warna yang cantik, umumnya ikan memelihara ikan hias jenis ini tidaklah terlalu sulit karena ikan cupang memiliki karakter tangguh dan mudah beradaptasi.

  • Ikan Guppy

Ikan gapi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar berukuran kecil yang juga banyak digemari oleh para pecinta ikan hias. Pasalnya, ikan yang memiliki nama lain ikan cere ini memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi pada segala kondisi air. Ikan hias aquarium dengan maksimal ukuran 35mm ini sendiri juga memiliki karakter warna yang cerah. Namun biasanya ikan gupi jantan memiliki warna yang lebih cerah dibanding dengan ikan gupi betina.

  • Ikan Molly

Ikan molly merupakan jenis ikan hias air tawar yang berasal dari perairan Meksiko. Walau begitu Anda tetap bisa memelihara ikan hias jenis ini, karena ikan hias yang memiliki panjang maksimal 12 cm ini memiliki kemampuan adaptasi yang baik diberbagai kondisi air. Termasuk kondisi air yang ada di Indonesia.

  • Ikan Platy

Jenis ikan hias yang juga memiliki beragam jenis warna yang cantik dan menarik ini merupakan ikan hias aquarium yang mudah perawatannya. Ikan patty sendiri merupakan ikan kecil yang suka bergerombol, dan memiliki karakter yang sangat ramah dengan ikan hias air tawar lainnya, seperti ikan gupi atau molly. Sebagai catatan, jenis ikan hias ini membutuhkan makanan hewani yang dominan. Jadi Anda juga perlu memberi pakan ikan alami seperti baby shrimp, atau maggot.

  • Ikan Goldfish

Ikan goldfish atau yang biasa dikenal dengan nama ikan mas ini merupakan jenis ikan hias yang paling banyak dipelihara oleh para pemula. Pasalnya untuk memelihara ikan hias jenis ini cukuplah mudah, karena pakan untuk jenis ikan hias ini juga sangat mudah yakni bisa dengan menggunakan pelet udang untuk membuat warna pada ikan mas semakin cerah.

memelihara ikan hias koukkai

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Memelihara Ikan Hias

  • Aquarium

Karena memiliki ukuran yang relatif kecil hingga sedang, maka Anda cukup menyediakan aquarium berukuran sedang untuk memelihara ikan hias dengan jenis yang telah disebutkan di atas. Selain aquarium yang bersih, Anda juga memerlukan obat anti kaporit seperti Koukkai Anti-Chlorine / Aquasafe / Anti-Kaporit untuk memastikan air keran untuk mengisi aquarium bebas dari kandungan kaporit serta logam yang berbahaya untuk ikan Anda. Jangan lupa juga untuk menyediakan filter aquarium agar ikan mendapat pasokan oksigen dalam air yang cukup.

  • Pakan Ikan

Sama dengan makhluk hidup lainnya, semua jenis ikan hias juga membutuhkan makanan untuk menunjang kesehatan dan pertumbuhannya. Untuk ikan hias dengan ukuran kecil, Anda bisa menggunakan pelet ikan dengan ukuran mikro, atau yang memiliki pelet berukuran 2 mm agar memudahkan ikan untuk memakannya. Jika masih bingung mencari pakan ikan yang tepat untuk ikan hias aquarium peliharaan, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis pakan ikan di Koukkai

  • Vitamin dan Obat untuk Ikan

Selain pakan, ikan hias aquarium Anda juga membutuhkan asupan vitamin. Vitamin untuk ikan sendiri berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan fisik ikan, menjaga daya tahan ikan, hingga meningkatkan potensi pigmen warna pada ikan sehingga warna ikan bisa menjadi lebih cerah.

Obat Ikan Dropsy untuk Sisik Nanas dan Anti Kembung

Dalam memelihara ikan hias, Anda juga perlu menyediakan obat untuk ikan. Misalnya saja seperti obat antibiotik, atau obat anti jamur. Obat tersebut berguna untuk mengatasi penyakit pada ikan yang disebabkan oleh jamur, bakteri, maupun parasit. Misalnya saja penyakit seperti white spot, red spot, fin rot, hingga dropsy (sisik nanas).

  • Penjernih Air Aquarium

Kondisi serta kualitas air yang terjaga dengan baik merupakan salah satu kunci agar ikan hias aquarium dapat hidup lama. Oleh karena itu selain obat anti kaporit, Anda juga membutuhkan penjernih air aquarium seperti Koukkai Probiotic & Toxin Remover. Selain membantu membersihkan racun serta zat berbahaya dalam air, produk ini juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada aquarium.

Namun pastikan Anda selalu menggunakan berbagai peralatan dan kebutuhan berkualitas untuk memelihara ikan hias, seperti yang bisa didapatkan dalam produk-produk unggulan dari Koukkai.

Artikel Terbaru

Kategori