Home » Inspirasi Desain Kolam Ikan Buatan Agar Rumah Terasa Asri

Inspirasi Desain Kolam Ikan Buatan Agar Rumah Terasa Asri

28 / 07 / 2021

Setiap orang tentu ingin memiliki hunian yang nyaman, sejuk, alami, dan asri, sehingga tak heran jika banyak cara yang dilakukan untuk dapat mewujudkan impian tersebut. Untuk membuat rumah terasa asri dan alami ada beberapa ide yang bisa diterapkan. Mulai dari menanam berbagai tumbuhan dan bunga, hingga menghadirkan kolam ikan buatan. Membuat kolam ikan di rumah juga bisa menjadi salah satu sarana untuk menyalurkan hobi bagi para pecinta ikan hias.

Hadirnya kolam ikan hias di rumah, tidak hanya dapat menciptakan suasana yang alami dan aseri, tapi juga dapat menambah keindahan hunian. Terutama jika kolam ikan buatan didesain sesuai dengan tema rumah Anda. Oleh karena itu ada baiknya Anda mencari beberapa ide desain untuk kolam ikan hias terlebih dahulu sebelum membuat kolam ikan.

Inspirasi Desain Kolam Ikan Hias untuk Hunian yang Asri

Untuk membuat kolam ikan, Anda perlu benar-benar memikirkan desainnya agar dapat menyatu dengan desain atau konsep rumah sehingga dapat menambah estetika dari hunian milik Anda. Berikut beberapa ide desain kolam ikan buatan yang dapat disesuaikan dengan berbagai jenis tema hunian.

  • Kolam Ikan Hias Minimalis

Jika halaman atau teras rumah tidak memiliki lahan yang besar maka Anda bisa menggunakan konsep kolam ikan hias semi aquarium.  Untuk kolam ikan buatan dengan desain ini Anda dapat membuat kolam ikan dengan desain ini, bentuk kolam kotak atau persegi panjang dengan ukuran yang diinginkan, Kemudian beri lapisan kaca khusus pada bagian depan kolam.

Agar kolam ikan buatan semakin cantik dan menyatu dengan lingkungan, Anda dapat menambahkan batu-batu alam dan juga tanaman hias di sekeliling kolam. Selain dapat dibuat di teras atau halaman rumah, konsep kolam ikan hias satu ini juga dapat diterapkan jika Anda ingin membuat kolam ikan di dalam rumah, lho.

  • Kolam Ikan Buatan dengan Batuan Alami

Jika Anda memiliki hunian yang memiliki halaman yang sedikit lebih luas dan suka dengan konsep natural house, maka membuat kolam ikan dengan batuan alami merupakan ide yang tepat. Untuk kolam ikan buatan ini, Anda dapat memanfaatkan berbagai macam bantuan alam sebagai fondasi pada sekeliling kolam. Anda bisa menyusun batuan dengan cara acak untuk menambah kesan yang alami. 

Dan untuk menciptakan suasana yang tenang karena adanya gemercik air, Anda dapat menambahkan air terjun mini pada salah satu ujung kolam ikan hias. Selain itu tambahkan juga elemen tumbuhan dengan menggunakan tanaman air seperti ganggang rantai, seroja, atau teratai untuk semakin memperindah kolam ikan hias di halaman rumah.

  • Kolam Ikan Hias dengan Dek Kayu

Apabila Anda ingin menikmati hari dengan melihat ikan-ikan yang bergerak lincah, maka membuat kolam ikan dengan dek kayu bisa menjadi inspirasi desain kolam ikan hias untuk segala macam konsep hunian. Dek di sekeliling atau di atas kolam bisa dijadikan tempat untuk bersantai sembari mengamati ikan hias peliharaan Anda.

Untuk menciptakan kolam ikan buatan dengan konsep ini, Anda cukup membuat kolam ikan seperti pada umumnya, Namun pada bagian tepi-tepi kolam dapat ditambahkan lantai berbahan kayu dan diberi pembatas atau pagar untuk memastikan keselamatan penghuni saat bersantai di dekat kolam. Agar kolam ikan hias semakin sedap di pandang, Anda pun bisa menambahkan tanaman hias dan batuan besar pada pinggir-pinggir kolam.

Tips Membuat Kolam Ikan

  • Pilih Bahan Material yang Berkualitas

Hal pertama yang perlu dilakukan saat akan membuat kolam ikan adalah memastikan bagan material yang akan digunakan memiliki kualitas terbaik. Hal ini bertujuan agar kolam ikan buatan tidak mudah mengalami kerusakan. Selain itu, jika ingin membuat kolam ikan semi aquarium, pastikan menggunakan kaca khusus yang memiliki ketahanan terhadap tekanan besar.

  • Pastikan Air Kolam Selalu Bersih

Tips kedua saat membuat kolam ikan adalah pastikan air memiliki pH normal serta tidak mengandung zat-zat yang berbahaya untuk ikan. Misalnya kaporit, chlorin, dan juga logam. Jadi untuk membuat air bebas dari zat berbahaya tersebut, Anda dapat menambahkan produk Aquasafe pada air kolam sebelum memasukkan ikan ke kolam ikan buatan.

Anda juga bisa secara rutin menggunakan produk penjernih air Probiotic & Toxin Remover. Produk tersebut bermanfaat untuk menghilangkan zat beracun seperti amonia, nitrit, dan nitrat dalam air kolam ikan hias sehingga kualitas air kolam pun tetap terjaga dengan baik. Selain membuat air kolam ikan buatan menjadi jernih, produk ini juga akan membuat air menjadi bersih karena dapat menyerap racun pada air dalam waktu singkat.

  • Gunakan Obat Anti Alga dan Parasit

Menguras dan membersihkan kolam secara rutin memang sebuah keharusan. Apalagi bila Anda ingin ikan-ikan hias peliharaan tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang disebabkan serangan bakteri, parasite, maupun jamur. Namun tentu hal ini akan memakan banyak waktu dan tenaga. Jadi sebagai langkah efektif yang mudah, Anda bisa menggunakan produk Anti Alga dan Parasit.

Produk ini sendiri berfungsi untuk  mengurangi kemampuan semua jenis alga agar tidak mudah tumbuh dan berkembang pada kolam ikan buatan. Jadi parasit pun tidak akan mudah muncul dan berkembang biak. Selain itu produk ini juga juga bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap pada air kolam maupun akuarium, serta memastikan kualitas air kolam ikan hias tetap terjaga dengan baik selama satu minggu.

Artikel Terbaru

Kategori