Home » Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tumbuh Sehat dan Cantik

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tumbuh Sehat dan Cantik

28 / 07 / 2021

Berwarna-warni dengan sirip lebar tergerai indah, pesona ikan cupang memang selalu mampu menarik perhatian para pecinta ikan hias. Bukan hanya para antusias ikan cupang saja, masyarakat umum juga banyak yang tertarik untuk memeliharanya. Namun keindahan tersebut tidak muncul begitu saja. Untuk mendapatkannya, kamu harus tahu cara merawat ikan cupang dengan benar.

jenis makanan cupang koukkai

Perawatan ikan cupang memang cukup tricky. Kalau tidak tahu bagaimana cara merawat cupang dengan benar, ikan bisa saja mati. Jenis makanan cupang juga harus diperhatikan. Jangan sampai hanya gara-gara cara merawat ikan cupang yang kurang tepat, ikan justru mati lebih cepat.

Cara Merawat Ikan Cupang

Meski disebut tricky, cara merawat cupang sebenarnya cukup sederhana. Kuncinya di sini adalah memahami apa yang perlu dilakukan dan bagaimana cara melakukannya. Vitamin terkadang memang dibutuhkan. Namun untuk lebih lengkapnya, berikut tips perawatan ikan cupang.

1. Ganti air secara rutin

Sebenarnya ikan cupang termasuk ikan air tawar yang bisa hidup di sungai atau saluran irigasi sawah. Akan tetapi, perlu dipahami juga kalau ikan cupang membutuhkan lingkungan yang tidak banyak terkontaminasi limbah untuk bisa hidup. Jadi selain memperhatikan jenis makanan cupang, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi akuariumnya.

Ganti air akuarium dua hari sekali. Air yang perlu diganti kira-kira cukup 15-20% saja. Cara merawat cupang yang satu ini dilakukan agar pH air tetap terjaga. Selain itu, jangan gunakan air PAM saat mengganti air akuarium.

Air PAM umumnya mengandung klorin. Jika memang tidak ada pilihan lain selain air PAM, gunakan penghilang klorin sebelum memasukkan ikan cupang ke air yang baru. Dengan cara merawat ikan cupang yang tepat, ikan tidak akan kaget dan lebih mudah menyesuaikan diri.

2. Pindahkan ikan cupang dengan sedikit air

Mengganti air secara teratur adalah bagian yang tak terpisahkan dalam bahasan cara merawat ikan cupang. Meski demikian, memindahkan ikan cupang tidak bisa dilakukan sembarangan. Sama halnya dengan cara merawat ikan cupang, memindahkan ikan cupang juga harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Pindahkan ikan cupang tanpa menyentuhnya. Agar siripnya tidak rusak, kamu bisa memindahkannya dengan sedikit air. Jika sudah dipindahkan, jangan lupa menindak lanjuti dengan tips perawatan ikan cupang lainnya.

perawatan ikan cupang koukkai

3. Jaga suhu air akuarium

Habitat ikan cupang adalah sungai dengan air yang cukup hangat. Suhu airnya berkisar di angka 24,5-27.5 derajat celcius. Kamu mungkin bisa memberi jenis makanan cupang terbaik. Tapi kalau suhu airnya tidak sesuai dengan habitat ikan cupang, semua cara merawat cupang yang kamu pakai tidak akan banyak berguna.

Saat menerapkan cara merawat cupang, kamu harus telaten. Pantau suhu air secara teratur dan jangan sampai terlalu dingin. Jika air akuarium terlalu dingin, ikan cupang jadi malas bergerak dan kehilangan nafsu makan. Bahkan meski diberi jenis makanan cupang yang paling bagus sekalipun, hal tersebut tidak akan banyak berarti jika temperatur airnya tidak sesuai.

4. Campurkan sedikit garam ikan hias ke dalam akuarium

Untuk menyeimbangkan osmosis dalam tubuh ikan cupang, jangan lupa untuk menambahkan garam khusus ikan hias ke dalam akuarium. Perawatan ikan cupang yang satu ini juga dapat membantu menstabilkan metabolisme ikan. Selain itu, garam khusus ikan hias juga dapat membantu penyembuhan luka.

Menambahkan garam khusus ikan hias memang bisa tergolong sebagai salah satu cara merawat ikan cupang yang paling penting. Akan tetapi, perhatikan takarannya. Meski penting, setiap cara merawat cupang juga harus dieksekusi dengan benar. Kamu hanya butuh 0,1% dari total air yang ada di dalam akuarium atau kolam.

5. Masukkan daun ketapang kering ke dalam akuarium

Agar ikan cupang sehat dan terhindar dari parasit, jangan lupa masukkan daun ketapang kering ke dalam akuarium. Daun ketapang kering sudah menjadi salah satu bagian penting dalam perawatan ikan cupang. Bagi ikan cupang, daun ini memiliki sifat antibiotik yang dapat membantu mengobati luka.

Selain membantu mengobati luka, daun ketapang kering juga bagus untuk mengoptimalkan pH air agar lebih sesuai dengan habitat ikan cupang. Banyak peternak ikan cupang yang merekomendasikan cara merawat ikan cupang yang satu ini. Ketapang kering kini juga semakin mudah diperoleh dan banyak dijual secara online. Dengan teknik perawatan ikan cupang yang tepat, sirip ikan akan tumbuh dengan cantiknya.

6. Berikan pakan hidup

Jenis makanan cupang ada banyak macamnya. Agar lebih praktis, saat ini juga ada jenis makanan cupang kering, seperti pelet yang mudah ditemukan di toko-toko penjual ikan hias. Tapi perlu diingat, jangan terlalu sering memberikan jenis makanan cupang kering.

Jika berbicara tentang jenis makanan cupang terbaik yang bisa diberikan, jawabannya adalah pakan hidup. Pakan hidup pada dasarnya sudah menjadi bagian penting dalam perawatan ikan cupang. Jadi alih-alih memberi pelet, akan lebih baik jika ikan cupang diberi pakan jentik nyamuk, kutu air, cacing sutra atau udang kecil. Dengan pakan dan cara merawat cupang yang baik, warna ikan cupang juga akan lebih keluar.

Rekomendasi Pakan untuk Ikan Cupang

Banyak cara merawat ikan cupang yang mungkin sudah kamu coba. Meski demikian, perawatan ikan cupang yang dilakukan seakan tidak membawa hasil sesuai harapan. Di sisi lain, kamu tentu ingin cara yang lebih praktis. Jika ini yang kamu cari, ada beberapa rekomendasi produk yang bisa dicoba.

Micro Pellets Koukkai

Untuk urusan pakan, kamu bisa mengganti pelet biasa dengan Micro Pellets Koukkai. Pelet ini diformulasi khusus agar mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mencerahkan warna ikan hias. Cara merawat cupang tidak harus dibuat rumit. Jika tidak bisa memberi pakan hidup setiap hari, kamu bisa menggunakan pelet Koukkai sebagai pengganti.

Artikel Terbaru

Kategori