Home » Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar

28 / 07 / 2021

Ikan cupang memang relatif mudah dibudidayakan. Tidak butuh modal besar, siapapun sudah bisa memelihara ikan cupang dan menjadikannya bisnis sampingan atau sumber penghasilan utama. Sayangnya ada satu hal yang kerap dilupakan. Tanpa memahami cara merawat burayak ikan cupang, bisnis tidak akan pernah bisa berkembang.

Jika dibandingkan dengan memelihara ikan cupang dewasa, memelihara burayak memang jauh lebih menantang. Umumnya hanya sebagian kecil burayak yang dapat tumbuh hingga dewasa. Bahkan dalam beberapa kasus, banyak peternak ikan cupang yang harus kehilangan semua burayak yang ditetaskan. Jika tidak tahu bagaimana cara merawat anak ikan cupang, hal-hal semacam ini bisa saja terjadi.

Apa Itu Burayak Ikan Cupang

Saat mencari informasi tentang cara budidaya ikan cupang, khususnya cara merawat anak ikan cupang, mungkin banyak dari Anda yang sering mendengar istilah burayak. Tapi apa sebenarnya burayak ikan cupang?

cara merawat anak ikan cupang koukkai

Dalam kasus memelihara ikan cupang, banyak peternak yang hanya menggunakan istilah burayak untuk menyebut anakan ikan cupang. Namun perlu dipahami, istilah burayak sebenarnya tidak spesifik merujuk pada satu spesies ikan. Burayak dapat diartikan sebagai anakan ikan yang baru menetas sampai ukuran tertentu. Jadi dalam bahasan cara merawat burayak ikan cupang, maka yang dimaksud di sini adalah anakan ikan cupang.

Tips Merawat Burayak Ikan Cupang

Memelihara ikan cupang sebagai hobi tidak sama dengan saat menjadikannya sebagai sebuah profesi. Agar bisa untung, pembiakan harus dilakukan sendiri. Di sinilah tantangannya. Untuk itu, calon peternak ikan cupang juga perlu membekali diri dengan pengetahuan akan cara merawat burayak ikan cupang.

1. Perhatikan ukuran wadah dan kualitas air

Sebenarnya para peternak ikan cupang banyak yang sudah membekali diri dengan pengetahuan cara merawat anak ikan cupang. Banyak dari mereka yang tahu cara merawat burayak ikan cupang. Misalnya saja seperti pemahaman akan pentingnya kondisi tempat pembiakan dan kualitas pakan yang diberikan. Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang lupa bahwa ada detail-detail kecil yang sering kali justru diabaikan.

memelihara ikan cupang koukkai

Sedikitnya ada dua hal yang sering menjadi momok masalah saat memelihara ikan cupang yang masih berbentuk anakan. Ukuran wadah yang tidak sesuai dan kualitas air yang tidak memenuhi standar. Banyak peternak yang asal menggunakan wadah untuk meletakkan burayak. Di sisi lain, kualitas air juga kurang diperhatikan.

Wadah untuk memelihara burayak ikan cupang harus cukup besar, terlebih saat burayak mulai menginjak usia 3 hari. Airnya juga harus diganti secara berkala, yakni antara 3-4 hari sekali. Perhatikan cara merawat anak ikan cupang agar kualitas airnya tetap terjaga. Selain itu, pastikan suhu airnya cukup hangat untuk memelihara ikan cupang anakan, yakni antara 24-25 derajat celcius.

2. Beri pakan sesuai umur burayak

Saat berbicara tentang cara merawat anak ikan cupang, rasanya sulit untuk tidak membahas tentang pakan. Kualitas pakan sangat berpengaruh pada pertumbuhan burayak. Pakan yang diberikan juga harus disesuaikan dengan usia anakan ikan cupang. Tanpa tahu makanan apa yang sebaiknya diberikan, semua cara merawat burayak ikan cupang yang telah dipelajari tidak akan banyak berarti.

Burayak usia 1-4 hari belum membutuhkan makanan. Burayak masih mendapatkan pasokan makanan dari kantong protein yang ada di bagian bawah perutnya. Pemberian pakan bisa dimulai saat burayak menginjak usia 4 hari. Sama halnya dengan memelihara ikan cupang, pakan hidup seperti kutu air, infusoria atau artemia adalah pakan terbaik untuk burayak.

cara merawat anak ikan cupang koukkai

Jika mengacu pada cara merawat anak ikan cupang, pakan seperti kutu air, infusoria atau artemia pada dasarnya sama-sama bagus, baik dari segi nutrisi ataupun untuk menarik sisi predator burayak. Namun agar burayak cepat besar, Anda bisa memberinya kutu air sebagai makanan utama.

Cacing sutra baru bisa diberikan setelah anak ikan cupang berusia 2 minggu. Jika ada ikan cupang yang sakit, segera gunakan obat ikan yang sesuai sebelum kondisinya semakin memburuk. Dengan memahami cara merawat burayak ikan cupang dan pakan yang sebaiknya diberikan, burayak akan tumbuh lebih cepat.

3. Gunakan kolam semen untuk mempercepat pertumbuhan burayak

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, cara merawat burayak ikan cupang pada dasarnya banyak bertumpu pada luas wadah, kualitas air dan jenis pakan. Kaitannya dengan wadah, burayak juga bisa tumbuh di dalam kotak styrofoam atau akuarium yang cukup besar. Tapi kalau ingin burayak cepat besar, kolam semen jauh lebih direkomendasikan.

Kolam semen memang dikenal bagus untuk burayak atau memelihara ikan cupang. Hanya saja, bagian dasar kolam harus diberi tanah dan lumut. Kondisi kolam yang seperti ini biasanya kaya akan kehidupan dan banyak mengandung plankton yang merupakan makanan alami burayak.

Saat membahas tentang cara merawat anak ikan cupang, tidak sedikit juga peternak yang merekomendasikan tips yang satu ini. Untuk membantu meningkatkan kualitas kolam, Anda juga bisa menambahkan oxydator atau kebutuhan kolam lain yang memang dibutuhkan.

Rekomendasi Pakan dan Kebutuhan Kolam Burayak Ikan Cupang

Cara merawat anak ikan cupang pada dasarnya cukup sederhana. Namun untuk membantu mengkondisikan kolam burayak ikan cupang, jangan lupa untuk menambahkan daun ketapang kering ke dalam kolam. Anda juga bisa menggunakan Antioxidant BlackWater & Vita-Liquid untuk mendapatkan manfaat yang sama. Vitamin ini dapat mengimitasi kolam agar sesuai dengan habitat alami burayak ikan cupang.

Makanan burayak ikan cupang juga harus diperhatikan nutrisinya. Pakan hidup adalah yang terbaik. Namun sebagai variasi makanan ikan, baby shrimp atau micro pellets Kokkai juga bagus. Selama Anda disiplin dan konsisten pada cara merawat burayak ikan cupang, jumlah anakan yang bertahan dan tumbuh besar akan meningkat pesat.

Artikel Terbaru

Kategori