Home » Mengenal Penyakit Ikan Koi dan Bagaimana cara Mengobatinya

Mengenal Penyakit Ikan Koi dan Bagaimana cara Mengobatinya

28 / 07 / 2021

Ikan koin dikenal akan keindahan sisiknya yang berwarna-warni dan menjadi simbol cinta, persahabatan dan pembawa keberuntungan. Karena alasan itulah, banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya. Namun sama halnya dengan binatang peliharaan lainnya, memelihara ikan koi juga membutuhkan komitmen. Saat ikan koi sakit, Anda juga perlu mengobatinya.

Ikan koi sebenarnya tergolong sebagai jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Selama lingkungannya terjaga dan diberi makan secara rutin, ikan ini akan bertahan, bahkan hidup hingga 35 tahun lamanya. Tantangan umumnya akan terasa saat ikan koi sakit. Jika sudah seperti ini, akan sangat sulit jika Anda tidak tahu cara mengobati ikan koi sakit.

Jenis-Jenis Penyakit Ikan Koi dan Cara Penangannya

Ciri ciri ikan koi sakit umumnya cukup jelas dan mudah dideteksi. Biasanya, ikan koi sakit akan menunjukkan beberapa tanda, seperti lendir yang lebih banyak dari biasanya, terdapat luka, benjolan atau gejala busuk di bagian tubuh, ikan koi menjadi penyendiri, cenderung lebih pasif dan sering merapatkan sirip ke sisi badannya. Jika Anda menemukan ciri ciri ikan koi sakit seperti ini, sebaiknya segera ambil tindakan pengobatan.

cara mengobati ikan koi sakit koukkai

Cara mengobati ikan koi sakit sebaiknya juga disesuaikan dengan penyakit yang diderita. Anda tidak bisa asal memberi obat menggunakan cara mengobati ikan koi sakit yang ditemukan di dunia maya. Agar tidak salah dalam menangani ikan koi sakit, berikut jenis penyakit dan cara penanganannya.

1. Penyakit White Spot

White spot tergolong sebagai salah satu penyakit yang paling sering ditemukan pada ikan koi. Penyakit ini umumnya menyerang ikan koi yang dipelihara di dalam akuarium. Penyebabnya sendiri adalah bakteri protozoan Ichthyophthirius multifiliis. Ciri ciri ikan koi sakit karena white spot bisa dilihat dari sisiknya yang ditumbuhi bintik putih.

Bintik putih atau white spot ini awalnya memang hanya menyerang bagian sisik ikan koi. Namun jika tidak segera diambil tindakan, bintik putih bisa menyebar ke sirip dan insang. Itulah kenapa jangan pernah abaikan ciri ciri ikan koi sakit.

Cara mengobati ikan koi sakit karena bakteri protozoan Ichthyophthirius multifiliis cukup sederhana. Anda bisa menaikkan suhu air sedikit kemudian masukkan metheline blue ke dalam air kolam atau akuarium. Perhatikan takarannya. Sebagai gambaran, per 1 ton air Anda bisa mencampurkannya dengan 0,5 gram metheline blue.

2. Penyakit Cacing Jangkar

Penyakit cacing jangkar atau lernaea adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing parasit. Cacing ini menempel pada tubuh atau insang ikan koi dan menghisap cairan tubuhnya. Saat ikan koi sakit karena cacing jangkar, ikan akan terlihat lemas. Jika munculnya ciri ciri ikan koi sakit diabaikan, ikan bisa saja mati.

Cara mengobati ikan koi sakit akibat cacing jangkar sebenarnya cukup sederhana. Jika jumlahnya masih sedikit, Anda bisa mengambilnya dengan pinset. Namun jika sudah banyak, mandikan cacing dengan larutan formalin. Pastikan konsentrasinya tidak melebihi 25 ppm dan mandikan 2-3 kali setiap 2 hari sekali dengan durasi 10 menit untuk setiap kali mandi.

3. Penyakit Jamur di Mulut

Ciri ciri ikan koi sakit yang satu ini bisa dilihat dari mulut ikan yang berwarna putih. Penyebab penyakit ini adalah bakteri fexibactercolumnaris. Penyakit ini bisa menular ke ikan koi lain. Karena itu, saat mulut ikan koi sakit jamur, sebaiknya segera isolasi.

Masukkan ikan koi sakit ke tempat terpisah yang telah diisi air bersih dan garam sebanyak 10% dari total volume air. Perlu diperhatikan juga, cara mengobati ikan koi sakit jamur harus dilakukan dengan peralatan yang steril. Karena itu, sterilkan semua peralatan dengan larutan fenoksietanol dan nifuropirinol. Ini dilakukan agar jamur tidak tumbuh kembali.

4. Jamur pada Batang Insang

Selain di area mulut, jamur juga bisa menyerang batang insang ikan koi. Ciri ciri ikan koi sakit akibat jamur batang insang bisa dilihat dari perilakunya yang jadi malas makan dan malas bergerak.

Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh jamur yang berkembang di kolam. Air kolam yang kotor dan suhu yang terlalu tinggi bisa mempercepat perkembangan jamur. Jika sudah terlanjur terserang, cara mengobati ikan koi sakit jamur batang insang adalah dengan merendam ikan ke dalam larutan air, green F dan aureomycin dengan komposisi 0,1 gram Green F dan 1 sendok teh aureomycin per 10 liter air.

5. Penyakit Kapas Putih

Penyakit yang satu ini disebabkan oleh jamur saprolegnia atau si kapas putih. Ciri ciri ikan koi sakit akibat jamur kapas putih bisa dilihat dari munculnya benda serupa kapas di tubuh ikan koi. Biasanya, jamur ini tumbuh pada luka.

Penyakit kapas putih dapat diatasi dengan menggunakan larutan NaCl (natrium klorida). Pastikan konsentrasinya tidak lebih dari 25%. Celupkan ikan koi pada larutan tersebut, bersihkan jamur dari tubuh ikan dengan kapas yang sudah diolesi obat merah, kemudian mandikan ikan koi dengan larutan monofuracin.

Rekomendasi Obat Untuk Mengobati Ikan Koi

Di atas telah dijelaskan bagaimana cara mengobati ikan koi sakit. Kuncinya di sini adalah identifikasi terlebih dahulu jenis penyakitnya. Jika penyebabnya adalah karena jamur, Anda bisa mengobati ikan koi sakit dengan obat ikan anti jamur Koukkai.

ikan koi sakit koukkai

Jangan lupa untuk menambahkan vitamin jika memang dibutuhkan. Untuk meningkatkan daya hidup ikan agar tidak mudah stres dan terserang penyakit, Anda juga bisa menggunakan Antioxidant BlackWater & Vita-Liquid. Dengan perawatan yang tepat, bukan tidak mungkin ikan koi akan tumbuh besar hingga usia maksimal.

Artikel Terbaru

Kategori