Home » Cara Membuat Aquascape Sederhana Cocok untuk Pemula

Cara Membuat Aquascape Sederhana Cocok untuk Pemula

28 / 07 / 2021

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan karena di rumah saja. Salah satunya adalah dengan mencoba memelihara ikan di dalam aquascape sederhana. Belakangan ini aquascape menjadi salah satu hobi yang sedang tren di kalangan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Tidak hanya para pecinta ikan, tidak sedikit para aquascape pemula yang mencoba membuat aquascape sebagai wadah untuk memelihara ikan hias.

Cara Membuat Aquascape Pemula Koukkai

Namun walau sedang banyak digandrungi namun tidak jarang orang yang masih bingung dengan perbedaan antara aquascape dengan aquarium biasa, sehingga belum terlalu memahami bahan bahan aquascape apa saja yang dibutuhkan untuk membuat aquascape. Nah, jika Anda termasuk salah satu dari aquascape pemula dan ingin mencoba berkreasi menciptakan aquascape sederhana, maka Anda perlu menyimak ulasan seputar cara membuat aquascape yang mudah berikut ini.

Pengertian Aquascape

Aquascape sejatinya merupakan sebuah seni penataan atau merancang desain serta menciptakan aquarium yang mirip dengan habitat alam asli ikan. Caranya adalah dengan membuat aquascape dengan isi beberapa komponen alami, seperti ikan hias, tanaman, bakteri alami dan juga batu alam yang ditata sedemikian rupa. Untuk pemeliharaan aquascape sederhana dapat dibilang lebih kompleks dibandingkan dengan aquarium biasa. Pasalnya para aquascape pemula harus memastikan semua makhluk hidup di dalamnya mendapat nutrisi yang cukup.

Cara Membuat Aquascape Pemula Koukkai

Cara Pembuatan Aquascape Sederhana

Meski tampak kompleks namun jika tahu apa saja bahan bahan aquascape yang dibutuhkan, maka Anda bisa membuat aquascape dengan mudah. Untuk para aquascape pemula berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan aquascape sederhana.

Siapkan Bahan bahan Aquascape

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat aquascape adalah mempersiapkan bahan bahan aquascape. Dalam pembuatan aquascape sederhana, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain adalah aquarium, kerikil yang berfungsi sebagai tempat berkembang biak bakteri pengurai yang dibutuhkan untuk menciptakan ekosistem yang baik. Kemudian, pasir jenis silika sebagai media tanam, pupuk, filter, dan lampu.

Membuat Aquascape Bagian Dasar

Langkah kedua untuk membuat aquascape adalah tuang pasir secara merata pada bagian dasar aquarium. Cara ideal untuk penyebaran pasir pada aquascape sederhana adalah dengan membuat ketebalan pasir sekitar dua sampai tiga sentimeter. Lalu pada bagian pinggir lebih baik memiliki dasar pasir yang lebih tebal, dan bentuk melekuk pada pasir di bagian tengah.

Beri Pupuk Pada Dasar Aquascape Sederhana

Tahap ketiga dalam pembuatan aquascape pemula adalah dengan memberikan pupuk di atas pasir yang telah tertata rapi pada dasar aquarium. Taburkan pupuk pada bagian tengah akuarium yang memiliki ketebalan pasir lebih tipis agar tidak mengganggu estetika dari aquascape sederhana. Pemberian pupuk pada aquascape bertujuan untuk memberi nutrisi pada tanaman berakar. Sedangkan untuk tanaman yang dapat menyerap nutrisi melalui daun bisa menggunakan pupuk cair.

Membuat Hardscape

Cara membuat aquascape selanjutnya adalah pembuatan hardscape dengan menambahkan hiasan berupa bebatuan atau kayu untuk menciptakan aquascape sederhana yang lebih estetik. Dalam proses pembuatan hardscape ini Anda para aquascape pemula perlu memperhatikan betul penataan kayu maupun bebatuan agar nantinya tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Masukkan Tanaman

Proses selanjutnya dalam membuat aquascape adalah memasukan tanaman pada aquarium. Namun sebelum itu, isi aquarium dengan air terlebih dahulu hingga seperempat bagian. Masukkan air secara perlahan dengan menggunakan bantuan saringan atau alat khusus agar tidak merusak dekorasi yang telah dipasang. Setelah tanaman dimasukkan, maka pasang bahan bahan aquascape lainnya, seperti filter, diffuser CO2, serta lampu.

Setelah aquascape sudah siap, jangan dulu memasukkan ikan ke dalam aquascape, karena dikhawatirkan ikan dapat mudah mati akibat kandungan amonia yang tinggi pada air, Jadi sebaiknya tunggu hingga 2 minggu untuk memastikan benar-benar aman. Atau sebagai solusi paling cepat dan efektif, para aquascape pemula bisa menggunakan bahan bahan aquascape penjernih air untuk menghilangkan kandungan amonia, nitrit, dan zat racun berbahaya pada air dengan lebih cepat dan mudah.

Bahan bahan Aquascape yang Wajib Digunakan

Selain peralatan dan perlengkapan dasar untuk membuat aquascape, ada bahan bahan aquascape lainnya yang wajib digunakan para aquascape pemula agar hasil aquascape dapat maksimal.

  • Penjernih Air

Penjernih air seperti Koukkai Probiotic & Toxin Remover bermanfaat untuk menghilangkan zat-zat racun dalam air seperti nitrit, nitrat, serta amonia yang sangat berbahaya untuk ikan. Selain untuk menjernihkan air, Selain itu produk ini juga bekerja dengan menurunkan pertumbuhan patogen berbahaya dan meningkatkan kejernihan serta kualitas air

  • Produk Anti Alga dan Parasit

Produk Anti Alga dan Parasit seperti yang terdapat di Koukkai berfungsi untuk mengurangi kemampuan semua jenis alga agar tidak mudah tumbuh dan berkembang pada aquascape sederhana. Jadi parasite tidak akan mudah muncul dan berkembang biak.

Cara Membuat Aquascape Sederhana Koukkai

  • Oksigen Kolam Ikan

Walau aquascape sederhana sudah dipasang filter, namun Anda para aquascape pemula juga wajib menggunakan produk Ammonia & Nitrite Oxydator Caplet. Pasalnya, produk yang bisa membantu mengatasi masalah kebutuhan oksigen ini sangat bermanfaat untuk memaksimal kinerja filter saat mati listrik.

  • Pupuk

Untuk memastikan tanaman pada aquascape sederhana tumbuh dan berkembang dengan baik, maka para pemula aquascape perlu memberikan pupuk secara rutin. Cara termudah untuk memberi pupuk pada tanaman adalah dengan menggunakan pupuk cair, seperti Pupuk Aquascape Lengkap Macro, Micro dan K Fertilizer.

Artikel Terbaru

Kategori