Home » Mengulas Peluang dan Cara Memulai Bisnis Ikan Hias untuk Pemula

Mengulas Peluang dan Cara Memulai Bisnis Ikan Hias untuk Pemula

28 / 07 / 2021

Bagi Anda yang tengah mencari peluang bisnis rumahan, tentu ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan dengan matang. Mulai dari besarnya modal yang dibutuhkan, kesesuaian dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki hingga potensi dari bisnis yang akan digeluti, semua itu membutuhkan banyak pemikiran sebelum mulai dieksekusi. Namun jika menilik kondisi saat ini, sebenarnya ada satu peluang bisnis modal kecil yang bisa dipertimbangkan.

Bisnis ikan hias kini tengah menjadi perbincangan. Kisah sukses orang yang menjalankan bisnis ini pun tidak bisa sedikit. Namun meski bisa dieksekusi tanpa harus memiliki modal yang besar, usaha ikan hias menyimpan potensi untuk menghasilkan banyak keuntungan. Jika dijalankan dengan baik, bukan tidak mungkin bisnis ikan hias semakin berkembang dan tumbuh menjadi bisnis yang lebih besar.

Peluang Bisnis Ikan Hias

Bisa dibilang bisnis ikan hias adalah salah satu jenis bisnis yang tidak pernah mati. Dari dulu hingga kini, usaha ikan hias masih tetap saja eksis. Pasang surut memang selalu terjadi. Namun dalam jangka panjang, bisnis yang satu ini tergolong sebagai salah satu bisnis yang potensial dalam jangka panjang.

Di masa pandemi, bisnis ikan hias seakan tumbuh subur. Tidak sedikit pelaku bisnis ikan hias baru yang menuai keuntungan.

Bagi Anda yang memiliki hobi memelihara ikan hias, menjalankan bisnis ikan hias mungkin terlihat seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Selain menjalankan hobi, Anda juga bisa mewujudkan mimpi memiliki peluang bisnis rumahan.

Pengetahuan selama menggeluti hobi memelihara ikan hias akan sangat membantu dalam menjalankan usaha ikan hias. Belum lagi jika sebelumnya Anda juga tergabung dalam komunitas ikan hias. Meski dimulai dari hobi, jaringan yang telah terbangun selama berada dalam komunitas akan sangat membantu mengeksekusi peluang bisnis modal kecil seperti bisnis ikan hias.

Untuk bisnis ikan hias bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar, Anda juga bisa membudidayakan ikan hias sendiri. Budidaya ikan hias pada dasarnya tidak membutuhkan area yang luas. Berbekal akuarium yang cukup besar, peluang bisnis rumahan yang satu ini bisa mulai Anda jalankan.

Tips Memulai Bisnis Ikan Hias

Bisnis ikan hias memang tergolong sebagai salah satu peluang bisnis modal kecil dengan potensi besar. Akan tetapi, potensial bukan berarti pasti menguntungkan. Anda harus menarik potensi tersebut agar bisa merealisasi potensi keuntungan usaha ikan hias. Agar peluang bisnis rumahan ini bisa menghasilkan keuntungan seperti yang diharapkan, berikut tips memulai bisnis ikan hias.

1. Tentukan Segmen Pasar

Apapun peluang bisnis rumahan yang dipilih, semua tidak akan berhasil jika Anda tidak memiliki segmen pasar yang jelas. Tentukan segmen pasar yang ingin digeluti, bahkan sebelum mulai menjalankan bisnis ikan hias.

Peluang bisnis rumahan ikan hias pada dasarnya memiliki beberapa segmen pasar. Saat menentukan segmen pasar, jangan lupa untuk melakukan riset. Meski tergolong peluang bisnis modal kecil, riset yang baik akan menggiring pada kesuksesan.

2. Pelajari Dasar Memelihara Ikan Hias

Bisnis apapun pasti membutuhkan dasar ilmu yang sesuai. Agar peluang bisnis rumahan berjalan dengan baik, tentunya Anda juga harus memiliki pengetahuan dan skill memelihara ikan hias.

Bagaimana cara merawat ikan hias? Apa makanan yang cocok untuk ikan hias, seperti cupang, ikan molly atau tiger fish? Dengan memiliki pengetahuan dan skill yang memadai, resiko gagal akan semakin kecil. Usaha ikan hias juga punya potensi untuk tumbuh lebih besar.

3. Fokus Pada Jenis Ikan Tertentu

Ikan hias ada banyak jenisnya. Namun jika Anda baru memulai bisnis ikan hias, sebaiknya fokus pada jenis ikan tertentu saja. Pilih satu jenis ikan yang paling Anda kuasai. Jika sudah cukup mapan, Anda bisa mulai mengembangkan peluang bisnis rumahan yang satu ini dengan menambah jenis ikan yang dijual.

4. Pasarkan Ikan Hias

Banyak yang beranggapan bahwa peluang bisnis modal kecil umumnya sulit untuk dikembangkan. Namun jika Anda bisa memasarkannya dengan baik, bisnis yang awalnya kecil bisa saja berkembang menjadi besar.

Agar ada orang yang membeli, Anda harus bisa dilihat oleh target pasar Anda. Inilah inti dari pemasaran. Untuk menjangkau banyak orang, Anda bisa memasarkan bisnis ikan hias dengan media sosial atau marketplace.

Pemasaran Bisnis Ikan Hias

Dalam bisnis apapun, pemasaran itu sama pentingnya. Entah itu peluang bisnis modal kecil ada bisnis modal besar, pemasaran inilah yang akan memberi banyak pengaruh pada penjualan.

Dalam memasarkan peluang bisnis modal kecil, Anda bisa memulainya dengan menggunakan cara-cara gratis. Untuk pemasaran online, Anda bisa menggunakan media sosial dan marketplace. Namun untuk pemasaran media sosial, sebaiknya jangan langsung berjualan dengan cara hard selling. Media sosial biasanya lebih efektif untuk mengumpulkan traffic.

Pemasaran usaha ikan hias juga bisa dilakukan secara offline. Bukan hanya sekedar membuka toko, pemasaran offline yang dimaksud di sini juga bisa dilakukan dengan cara bergabung dengan komunitas ikan hias untuk kemudian menjalin relasi dan kerjasama yang saling menguntungkan.

Jenis Ikan Hias yang Sering Dijual

Ada beberapa jenis ikan hias yang sering dijual di pasaran. Untuk kelas peluang bisnis rumahan, beberapa jenis ikan hias yang bisa dijadikan pilihan diantaranya adalah ikan cupang, ikan gabus, ikan molly, tiger fish, ikan oscar, ikan neon tetra dan ikan dwarf cichild. Setiap jenis ikan biasanya memiliki kebutuhan khusus. Karena itu, perhatikan juga cara budidaya dan perawatannya nanti.

Perkiraan Modal dan Keuntungan Bisnis Ikan Hias

Bisnis budidaya ikan hias tergolong sebagai peluang bisnis modal kecil yang dapat dieksekusi oleh siapapun. Namun untuk mulai menjalankan peluang bisnis rumahan yang satu ini, tentu akan sangat membantu jika Anda memiliki gambaran tentang perkiraan modal dan keuntungan yang bisa didapatkan.

Jika modal yang dimiliki masih sangat terbatas, bisnis ikan hias bisa dimulai dengan memilih jenis ikan yang mudah dipelihara namun memiliki segmen pasar yang cukup luas. Salah satu contohnya adalah ikan cupang. Untuk lebih jelasnya, berikut gambaran perkiraan modal yang dibutuhkan.

No Komponen Harga
1 Lahan Rp 3.600.000
2 Akuarium 3000 x 10 = Rp 30.000
3 Bak Breeding Rp 100.000
4 Peralatan Rp 50.000
5 Indukan (misal cupang halfmoon super) 100.000 x 10 = Rp 1.000.000
Total Rp 4.780.000

 

Peluang bisnis modal kecil seperti bisnis ikan cupang sebenarnya bisa dimulai dengan modal lebih kecil dari ilustrasi di atas. Jika Anda sudah memiliki lahan sendiri, usaha ikan hias bahkan bisa dimulai cukup dengan modal Rp 1.180.000 saja.

Dengan modal usaha ikan hias kurang dari Rp 5.000.000, berapa potensi keuntungan yang bisa didapat? 

Harga ikan cupang sebenarnya sangat bervariasi tergantung dari jenisnya. Namun sebagai ilustrasi, ikan cupang halfmoon saat ini dihargai Rp 20.000 – Rp 100.000. Jika mengambil harga tengah, yakni Rp 60.000 dan dalam sehari Anda bisa menjual 10 ekor saja, omzet yang didapat sudah Rp 600.000. Dengan asumsi penjualan rata-rata harian Rp 600.000, dalam sebulan Anda bisa mendapatkan omzet Rp 18.000.000.

Meski pemainnya terus bertambah, usaha ikan hias masih memiliki potensi yang cukup besar. Jadi jika Anda sedang mencari peluang bisnis modal kecil dan tertarik dengan bisnis ikan hias, ada baiknya Anda memulainya sesegera mungkin.

 

Referensi tambahan:

  • https://mediaini.com/bisnis/2020/10/09/35840/tertarik-bisnis-ikan-hias-ini-perhitungan-modal-dan-peluang-usahanya/
  • https://gdm.id/usaha-ikan-hias/

Artikel Terbaru

Kategori